PADI

PADI
Merdeka.com

Sabtu, 01 September 2012

MIKROKONTROLER (MICOM)

SejarahMikrokontroler

      Mikrokontroler ad a yg menyebutnya MICOM , MCU (microcontrol unit) , uMikrokontroler. .Mikrokontroler populer yang pertama dibuat oleh Intel pada tahun 1976, yaitu mikrokontroler 8-bit Intel 8748. [1]Mikrokontroler tersebut adalah bagian dari keluarga mikrokontroler MCS-48. [2] Sebelumnya, Texas instruments telah memasarkan mikrokontroler 4-bit pertama yaitu TMS 1000 pada tahun 1974. TMS 1000 yang mulai dibuat sejak 1971 adalah mikrokomputer dalam sebuah chip, lengkap dengan RAM dan ROM. [3] ,
       30 tahun lebih Mikrokontroler sudah dikembang menjadi perangkat  yang membantu dan mempermudah Kegiatan hidup Manusia , Perusahan 2 seperti Intel, Atmel ,philips Semiconduktor dll berlomba lomba membangun' mendesain' menciptakan Mikrokontroler , Tanpa kita Sadari di kehidupan kita sehari hari telah menggunakan Perangkat yg namanya Mikrokontroler ,.. seperti Jam  digital,kalkulator , pesawat Televisi, Mainan Anak , komputer ,Mikrowave, mesin cuci , telepon cellular dlll.

Prinsip Kerja Mikrokontroler  

       Mikro arti nya kecil, Kontroler Artinya terkendali ,.. dalam hal ini Mikro kontroler dirancang dan dibangun , untuk sebuah perangakat keras yang bisa dikendalikan oleh pengguna ataupun alat tersebut bisa mengendalikan dirinya sendiri berdasarkan data yang mereka miliki , dan juga bisa dikendalikan dgn jarak tertentu oleh pengguna , sebuah pekerjaan yg tak kan terselesaikan menulis , membangun , dengan basic Mikrokontroler,..karena selalu mengikuti perkembangan jaman, kebutuhan dan gaya hidup manusia .
Dalam hal ini mikom dibuat dalam bentuk chip kepingan keci l yang mempunyai kaki sebagai interface untuk diaplikasikan dengan perangkat atau media  lainya sehingga chip tersebut berfungsi sebagaimana funsinya ,mikom dibuat dengan tujuan dengan biaya lebih murah, membantu mempermudah pekerjaan manusia ,.

Membangun sebuah mikrokontroler sederhana

      sebagai contoh kecil adalah Jam Digital ,... sbagaimana mikom bekerja pada alat penunjuk waktu tersebut ,.. nungkin disana ada sebuah chip mikro yang mengaplikasikan sebuah pekerjaan menampilkan displai sebuah angka atau tanda tertentu , menunjukan sbh detik angka waktu dan hari bulan dan tahun dengan detak clock yang terisntal didalamnya , satu chip mikom mungkin akan berisi beberapa componen ttl , tahanan , diodes, cmos dll .. dan beberapa componen external osc Crystal , regulator tegangan karena mikom bekerja disuplay dengan energy listrik
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar